Perkembangan Teknologi 4G Di Indonesia

MAJALAYADEV – 4G Dalam bahasa Inggris adalah Four-Generation Technologi berarti teknologi generasi ke empat dari jaringan seluler, perkembangan dari teknologi sebelumnya 2G dan 3G dalam sistem 4G menggunakan kabel ultra dengan kecepatan yang lebih cepat dan stabil.

Perkembangan Teknologi 4G Di Indonesia

Teknologi 4G sudah sejak lama di kenalkan secara komersial pada tahun 2006 di negara Korea Selatan (WiMAX) dan disusul di Swedia sejak tahun 2009 dengan standar LTE (Long Term Evolution).

Sementara di negri tercinta kita WiMAX pertama di luncurkan pada Juni 2010 oleh PT. FirstMedia / PT. Safira Ananda, untuk teknologi LTE di luncurkan dengan merk Bolt 4G LTE oleh PT. InterNux sejak November 2013.

Perkembangan Teknologi 4G Di Indonesia
Perkembangan Teknologi 4G Di Indonesia



Tentang Teknologi 4G

Sistem 4G mempersembahkan solusi untuk pengguna di mana data,suara dan arus multimedia sangat cepat di genggaman pengguna kapan saja, Dengan teknologi berbasis IP terintegrasi secara penuh 4G mempunyai masa depan yang cerah di Indonesia. Soal kecepatan perusahaan pendirinya mengklaim bisa menembus kecepatan dari 100Mb/ detik sampai 1000MB/ detik.



Penerapan 4G di Indonesia

1.Sitra WiMAX

Pada tahun 2010 tepatnya bulan juni WiMAX meluncurkan teknologi 4G Wireless Broadband. Sebagai merk dagang terbaru dari PT. FirstMedia dengan izin BWA termahal, WiMAX pada saat itu hanya tersedia di beberapa kota saja mulai dari kawasan Jabodetabek terus berkembang ke Propinsi Banten, Sumatra Utara, dan Nangro Aceh Darussalam (NAD).


2. Telkomsel 4G LTE

Tepat pada tanggal 8 oktober 2013 Telkomsel melakukan percobaanya di bali, pada saat itu Telkomsel mencoba mengoperasikan di frekuensi 1800 MHz. Telkomsel di bali menjual simcard barunya yang di beri nama simPATI LTE TE (Trial Edition), kini 4G LTE Telkomsel sudah tersedia di ibu kota Jakarta, untuk dapat menikmati kecepatan 4G LTE dari Telkomsel anda cukup membeli/menukar kartu lama dengan simcard simPATI 4G LTE di GraPARI terdekat.


3.XL HotRod 4G LTE

Pada tanggal 28 Oktober 2014 XL Axiata melakukan uji coba di Jakarta selatan tepatnya di XL Xplor dan di Graha XL, mereka mengklaim teknologi 4G XL bisa mencapai kecepatan 100Mbps, Percobaan ini berbarengan dengan peluncuran motto dan logo terbarunya. Kini Teknologi XL HotRod 4G dapat di nikmati di kawasan Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Belitung, dan Batam.


4.Indosat Super 4G LTE

Setalah XL Axiata, Indosat melakukan uji coba pada tanggal 20 Noverber 2014 di kawasan Jakarta Pusat tepatnya di Monumen Nasional (Monas) dengan menggunakan BTS di atas Gedung Indosat. Indosat mengklaim kecepatan Super 4G-LTE menembus 185 Mbps (Download) dan 41 Mbps (Upload). Untuk daerah yang telah tercover indosat saat artikel ini di buat (06/10/2016) mencapai 35 kota besar Indonesia.


5. Smartfren 4G LTE

Tidak ingin kalah dengan yang lain Smartfren menargetkan menara BTS nya menjadi 10.000 dari awalnya yang hanya sekitar 6.000 BTS di seluruh indonesia. Smartfren menggandeng dua vendor ternama untuk melakukan proyek ini yaitu ZTE dan Nokia, Nokia menggarap bagian barat sementara ZTE bagian timur. Saat ini jaringan 4G Smartfren dapat di nikmati hampir di seluruh kota berbarengan dengan peluncuran Smartphone Andromax yang berlabel 4G.


[ Baca Juga : Cara Mudah Download Video Youtube lewat Android ]


6. Bolt Super 4G LTE

Bolt menyediakan layanan ini lebih awal di antara bulan November 2013 dan hanya dapat di jangkau di Jabodetabek dan Medan, sebagai informasi bolt merupakan merk dagang milik PT. InterNux yang saat ini sedang berkembang.


7. Tri Nonstop 4G

Tri meluncurkan jaringan 4G pada 30 Maret 2016 dengan iming-iming perdana baru kuota sebesar 102GB dengan merk dagang β€œTri Nonstop 4G” mampu membeli hati pengguna lain, namun di bandingkan dengan penyedia layanan seluler 4G lainnya , tri masih jauh dibawah




Kesimpulan :

Menurut pengalaman admin Teknologi 4G di Indonesia belum maksimal dan belum merata seluruh indonesia, contohnya admin tinggal di pelosok Kabupaten Bandung belum bisa menikmati asiknya berselancar dengan cepa, di daerah admin internet hanya mentok di jaringan 3.5G, terutama di daerah yang lebih dalam lagi 3G saja masih naik turun. Kadang stabil hanya 2G saja.

Bikin Website Kini Tidak Perlu Repot ! Hubungi Jasa Website Bandung Untuk Keperluan Jasa Pembuatan Website Anda